Kekurangan Surat Suara di Desa Gajah Bertalut Sebabkan PSU, Ini Penjelasan KPU Kampar

By Obor Riau 28 Jun 2018, 16:01:29 WIBPolitik

Kekurangan Surat Suara di Desa Gajah Bertalut Sebabkan PSU, Ini Penjelasan KPU Kampar

BANGKINANG (OR) - Pemungutan suara ulang (PSU) bakal dilaksanakan di Desa Gajah Bertalut, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Sabtu (30/6/2018) nanti. PSU direkomendasikan oleh Panwaslu Kecamatan Kampar Kiri Hulu karena pada saat hari pemungutan suara Rabu (27/6/2018) kemarin pihak penyelenggara tetap memaksakan dilakukannya pemungutan suara, padahal kertas suara mengalami kekurangan.

Dari 263 orang pemilih, hanya terdapat 65 lembar kertas surat suara.

Lantas bagaimana kertas surat suara di TPS satu-satunya di Desa Gajah Bertalut itu sampai terjadi? Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar Sardalis yang juga menjabat Divisi Logistik KPU Kampar kepada suarakampar.com, Kamis (28/6/2018) mengungkapkan, kekurangan kertas surat suara berawal dari kesalahan penempatan surat suara dalam kotak untuk Desa Gajah Bertalut. 

Pengiriman logistik untuk Gajah Bertalut dan beberapa daerah sangat sulit lainnya yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi melalui Sungai Subayang ini telah dilakukan pada Ahad (24/6/2018) lalu.

Kekurangan ini baru saja diketahui pada hari H pemungutan suara. Sardalis menambahkan, KPU Kampar sudah berupaya mengatasi kekurangan surat suara namun karena kendala komunikasi dan transportasi hal ini tidak terpenuhi karena

waktu yang mendesak menjelang berakhirnya batas waktu pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018) kemarin.

"KPU Kampar sejak jauh hari sudah memikirkan dan mengkhawatirkan beberapa kendala di daerah ini. Salah satu upaya kita pengepakan surat suara dilakukan PPK," terang Sardalis.

Ia mengaku, surat suara yang ada pada saat pemungutan suara hanya 65 lembar, sementara daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 263 orang.

"Salah penempatan surat suara dalam kotak. Karena di situ tak ada jaringan susah komunikasi berapa kali kita komunikasi terputus. Kita sudah upayakan mengatasi kekurangan dari desa terdekat seperti Gema, Tanjung Belit, Tanjung Belit Selatan dan Bukit Betung lebih kurang 200 surat suara ada namun karena sungai dalam keadaan banjir, tak ada yang berani naik dan saat itu sudah hampir waktu jam satu siang," beber Sardalis.

Lebih lanjut Sardalis mengatakan bahwa KPU Kampar dengan jajaran hingga KPPS siap untuk menyelenggarakan PSU pada Sabtu nanti. "Saya sedang di Pekanbaru sekarang. Besok pagi logistik siap diantar ke Gajah Bertalut sesuai jumlah DPT 293 ditambah cadangan 2,5 persen menjadi 301 lembar surat suara," terangnya.(hir)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Obat Nyeri Sendi 02 Jul 2018, 14:36:27 WIB

    Berita yang mernarik. Selalu ada saja pembahasan yang informatif seperti ini hehe | http://bit.ly/2KzXsYN |
    | http://bit.ly/2z7Dgsy | http://bit.ly/2MGRvGK | http://bit.ly/2IJ8zJO | http://bit.ly/2yXXo0p | http://bit.ly/2NhZN9k |

    Cara Mengobati Asam Lambung 12 Jul 2018, 11:54:17 WIB

    Selalu ada saja pembahasan menarik yang tersaji di sini. Jadi bikin betah bacanya :D
    Salam sukses dari kami

    BOSKIUKIU 14 Jul 2018, 04:28:15 WIB

    thanks for information

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Kandidat Gubernur Riau Pilihan Anda?
  Siapakah Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Favorit Anda?
  Arsyaddjuliandi Rachman - Suyatno
  Firdaus - Rusli Efendi
  Lukman Edy - Hardianto
  Syamsuar - Edi Nasution